Suka Dengan Makanan Pizza? Cek Semua Faktanya Disini!

Siapa yang tidak kenal dengan makanan Pizza? Roti tipis berbentuk bulat (kebanyakan) dengan lapisan saus tomat diatasnya ini memiliki berbagai variasi topping. Paling enak kalau dimakan saat panas ditemani dengan minuman soda atau jus buah.

makanan pizza
credit: jeffreyww

Pizza Bukan Berasal Dari Itali

Kalau kamu beranggapan kalau orang Italia yang pertama kali membuat Pizza, berarti kamu salah besar. Menurut Wikipedia adalah negara para Dewa: Yunani yang punya inisiatif serta kreativitas memanfaatkan sumber daya alamnya untuk membuat makanan selezat ini. Baru setelah itu resep Pizza berpindah tangan serta dikembangkan oleh orang-orang Romawi. Hingga pada tahun 1889 di Italia muncul Pizza modern seperti yang kita kenal saat ini.

makanan pizza yunani
credit: greggman

Pizza Adalah Makanan Yang di Panggang


Di restoran, Pizza biasa dipanggang dengan oven batu bata, oven dek listrik, atau oven tungku dengan suhu yang sangat tinggi. Penggunaan kayu bakar atau briket batu bara untuk pemanasnya dipercaya menambah aroma dan cita rasa dari Pizza itu sendiri. Tapi karena perkembangan zaman, sekarang makanan ini bisa dimasak di rumah dengan menggunakan microwave atau oven toaster. Berikut video yang menampilkan proses pemanggangan Pizza di sebuah restoran terkenal:


Jenis-jenis Pizza


Ada 2 jenis Pizza yang terkenal di italia yaitu Neopolitan Pizza dan Lazio Pizza.

1. Pizza Neopolitan
Dibuat secara eksklusif dengan tomat San Marzano dan keju Mozzarella yang dibuat dari susu kerbau yang dibesarkan di rawa Campania. Kunci kelezatan makanan ini ada pada penggunaan tepung gandum berprotein tinggi yang diolah oleh tangan-tangan para ahli.

makanan pizza neopolitan
credit: adactio

Pizza yang dipanggang dengan oven batu berbahan bakar kayu pohon Ek dengan suhu 485 celcius selama 90 detik ini hanya memiliki ketebalan 3mm. Dengan bahan-bahan dan metode pemanggangan khusus, orang Italia mampu menghasilkan Neopolitan Pizza yang gurih, harum, dan renyah.
Pizza Neopolitan miliki 2 variasi populer yaitu Marinara dan Margherita. Pizza Marinara menggunakan tomat, bawang putih, oregano, dan minyak zaitun sebagai topping utama. Sedangkan topping untuk Pizza Margherita adalah tomat, mozarella, kemangi, dan minyak zaitun.

makanan pizza margherita
credit: avlxyz

2. Pizza Lazio
Paling beda dengan Pizza pada umumnya yang berbentuk bundar, Pizza Lazio justru berbentuk segi panjang seperti martabak telor. Makanan yang tebalnya kurang lebih 2cm ini lebih sering dimasak dengan oven listrik. Hal ini disebabkan Pizza Lazio dijual berdasarkan berat, sehingga penggunaan oven listrik dirasa lebih efektif dan efisien.

makanan pizza lazio
credit: thegirlsny

Pizza Lazio yang memiliki tekstur dan rasa yang unik tersedia dalam 6 varian topping utama yaitu:
  • Pizza Romana: tomat, mozzarela, teri, oregano, minyak zaitun
  • Pizza Wina: tomat, mozzarela, sosis jerman, oregano, minyak zaitun
  • Pizza Capricciosa: mozzzarella, tomat, jamur, daging ham, buah zaitun, minyak zaitun 
  • Pizza Quattro formaggi: tomat, mozzarella, stracchino, fontina, dan gorgonzola
  • Pizza Bianca: minyak zaitun, garam, rosemary
  • Pizza Alla Casalinga: mozarella parut, tomat kalengan, dan bawang putih cincang

Negara Pecinta Pizza


Selain di Itali perkembangan Pizza juga sampai ke berbagai belahan dunia. Hal ini membuat Pizza menjadi makananan yang memiliki banyak varian topping, bentuk, dan rasa. Berikut varian Pizza unik yang saya pilihkan untuk anda dari 3 negara pecinta pizza.

1. Australia
Orang Australia paling suka Pizza dengan bahan utama saus tomat, mozarella, bacon, dan telur. Selain itu ada juga pizza seafood dengan topping salmon, dill(sejenis tumbuhan), udang windu, dan bocconcini (jenis keju). Selain itu buat kamu yang suka makanan unik, Australia juga menyediakan Pizza dengan topping "tidak biasa" yaitu daging kanguru, emu, dan buaya.


2. Brazil
Brazil merupakan salah sat negara pengkonsumsi Pizza terbesar di dunia. Minimal orang Brazil menghabiskan 1,4 juta Pizza setiap hari. Pizza-pizza ini di produksi oleh sekitar 6000 perusahaan baik lokal maupun luar Brazil. Pizza memang sudah menjadi bagian hidup orang Brazil karena makanan ini sudah masuk pada awal abad 20.



Perbedaan Pizza khas brazil terletak pada topping utama yang terdiri dari 5 jenis keju yaitu mozzzarella, provolone, parmesan, gorgonzola, catupiry.

3. Korea Selatan
Negara pecinta makanan Pizza berikutnya adalah Korsel. Pizza di Korsel (Pajeon) punya keunikan tersendiri, selain cara pembuatan Pizza-nya yang menggunakan wajan, toppingnya sendiri menggunakan bahan hasil perkebunan lokal seperti jagung, wedges, kentang, dan ubi jalar. Orang Korsel juga sangat menyukai topping seafood seperti udang dan kepiting.

Restoran Mr. Pizza memiliki menu khusus yaitu super deluxe grand prix yang terdiri dari topping paprika, buah zaitun, jamur disatu sisi serta kentang, daging asap, tortilla, dan krim asam di sisi lain.


Sering kali Pizza di Korsel disajikan dengan taburan biji bunga matahari, biji, labu, kismis, dan diberi celupan saus blueberry untuk sausnya...Yummy!

Pizza Sebagai Makanan Sehat


Beberapa pihak mengatakan bahwa makan terlalu banyak Pizza sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika kamu suka makan Pizza yang punya kandungan garam, lemak, dan kalori yang tinggi, maka ini bisa berpotensi menimbulkan obesitas serta resiko kanker.

Tapi menurut penelitian sebuah lembaga riset kesehatan Eropa mengatakan bahwa mengkonsumsi Pizza seminggu sekali bisa mengurangi resiko kanker. Hasil penelitian ini juga didukung oleh Dr Silvano Gallus dari Mario Negri Institute for Pharmaceutical Research di Milan. Beliau mengatakan hal ini disebabkan terdapat kandungan antioksidan dalam tomat di makanan ini yang berfungsi untuk mencegah kanker.

Bisa diambil kesimpulan bahwa baik buruknya pizza untuk kesehatan tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. Usahakan Pizza yang kamu makan memiliki keseimbangan gizi yang pas. Perbanyak topping sayuran dan daging tanpa lemak serta kurangi takaran garam pada Pizza. Dibawah ini adalah video bagaimana cara membuat Pizza Sehat: